Blogger Widgets

Senin, 31 Agustus 2015

Tips | Makanan Yang di Larang Bagi Wanita Hamil

Tips Hamil

Tips - Pantangan makanan yang harus dihindari bagi ibu hamil. Pengetahuan seputar makanan bagi ibu hamil sangatlah urgent. Salah makan makanan tertentu dapat berbahaya bagi ibu hamil dan juga janin. Oleh karena itu ibu hamil meski dibekali pengetahuan seputar hal ini, agar bayi sehat, ibu sehat, lahir selamat, dan semua jadi senang.

Beberapa makanan yang dilarang berikut bukan saja karena proses pengolahannya, tetapi juga disebabkan oleh asal bahan makanan itu sendiri.

Apa saja makanan yang dilarang bagi ibu hamil?

Inilah jawabannya:


  1. Telur mentah dan telur setengah matang. Ini memang agak bertentangan dengan apa yang disarankan oleh orang jama dulu. Ketika sudah hamil tua, orang jaman dulu, biasanya
    Tips Hamil
    menganjurkan ibu hamil memakan telur jawa tanpa terlebih dulu di masak. Gunanya adalah untuk memperkuat kondisi tubuh agar kelak ketika melahirkan tidak pingsan. Nah, dalam ilmu kesehatan ternyata memakan telur mentah bagi ibu hamil sebaiknya dihindari. Seperti misalnya, salad dressing yang bahannya dari telur mentah, juga chocolate mousse meski itu dibuat sendiri, termasuk juga spageti karbonara dan mayones, yang semuanya dibuat dari telur mentah.

    Kenapa telur mentah dilarang? Alasannya adalah dapat membawa resiko terjangkitnya bakteri salmonela yang terdapat pada telur mentah dan telur setengah matang.
  2. Tidak semua jenis ikan baik bagi ibu hamil. Ada beberapa jenis ikan yang tidak dibolehkan
    Tips Hamil
    atau sebaiknya dihindari. Di antaranya adalah ikan todak, hiu dan ikan marlin. Ikan-ikan tersebut dimungkinkan mengandung merkuri dalam kadar yang cukup tinggi. Merkuri sangat berbahaya bagi perkembangan saraf janin.

    Selain ikan tersebut, ibu hamil sebaiknya juga mengurangi makan ikan tuna, maksimal satu potong ikan tuna sedang atau dua kaleng tuna dalam seminggu. Ikan mentah juga kurang baik bagi ibu hamil. Kalau mau makan ikan, carilah ikan kolam yang segar lalu dimasak dengan cara alami.
  3. Keju Lunak dan keju berbahan susu kambing. Memang, keju selalu menggoda siapa saja untuk
    meyantapnya. Tapi bagi ibu hamil, baiknya hindari makanan keju jenis lunak. Beberapa jenis
    Tips Hamil
    keju lunak diantaranya camembert, brie, juga keju yang memiliki corak biru seperti stilton.

    Kenapa ibu hamil tidak boleh makan keju lunak? Karena dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran dan janin meninggal disebabkan keju jenis lunak sebagaimana disebutkan di atas mengandung listeria. Selain keju lunak juga keju yang bahannya dari susu kambing. Mungkin keju ini lebih mahal karena susu kambing lebih langka ketimbang susu sapi. Tapi bagi ibu hamil dilarang memakan keju jenis ini karena dikhawatirkan keju ini mengandung toksoplasmosis. Keju kambing yang dilarang adalah keju yang tidak dipasteurisasi, seperti keju feta.
  4. Es Krim. Apalagi ini? Kenapa ibu hamil punya banyak sekali pantangan makan? Tidak juga.
    Tidak semua es krim dilarang kok. Bagi ibu hamil, demi kesehatan, memang sebaiknya menghindari es krim yang dibuat dalam mesin tanpa adanya quality control yang sesuai standar paten.
    Tips Hamil
    Kenapa tidak boleh makan es krim? Karena ternyata es krim yang tidak dibuat dengan proses yang baik dapat membawa resiko listeria bagi ibu hamil.
  5. Susu yang dilarang bagi ibu hamil. Ibu hamil biasanya mengonsumsi susu. Tapi tidak semua susu baik untuk ibu hamil. Ada susu yang berbahaya. Yaitu susu yang tidak dipasteurisasi, khususnya susu kambing.
    Tips Hamil
    Selain sapi yang langsung diambil oleh para paternak tanpa melalui proses pasteurisasi juga tidak baik, dan karenanya ini dilarang bagi ibu hamil. Kenapa? Karena susu tersebut dapat menjadi sebab listeria atau toksoplasmosis yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin.
  6. Juga daging yang kurang matang apalagi mentah. Sebab, daging yang tidak baik proses
    Tips Hamil
    pengolahannya dapat membawa risiko toksoplasmosis, listeria dan salmonela. Selain daging,
    juga hati. Vitamin A di dalam hati cukup tinggi dan ini justru berbahaya bagi perkembangan janin. daging mentah.

    Untuk mencukupi vitamin A bisa dengan sayuran yang berwarna hijau pekat. Nah, agar anda terhindari dari daging yang kurang bagus, memang sebaiknya anda mengolah sendiri makanan, atau tidak suka jajan di luar rumah. Jika terpaksa harus membeli maka anda harus hati-hati dan waspada.
  7. Jauhi Kerang dan daging Kurang Matang. Kalau kerang yang kurang matang saja dilarang,
    Tips Hamil
    apalagi kerang mentah. Jenis-jenis kerang seperti udang, kepiting, tiram juga tidak mengandung resiko bagi ibu hamil.

    Di antara resiko tersebut adalah terjadinya keracunan makanan yang membahayakan janin dan ibu hamil.
  8. Tips HamilSalad yang sudah dikemas sebaiknya dihindari. Salat yang dikemas dapat membawa resiko toksoplasmosis dan listeria. Untuk menghindari hal tersebut anda bisa mencucinya terlebih dulu sampai bersih baru kemudian di makan.

    Tips Hamil
  9. Kacang bagi penderita alergi. Kacang, baik yang langsung dikonsumsi atau sudah tercampur menjadi bumbu dan produk lain seperti sate ayam dan selai kacang sebaiknya dihindari, khususnya bagi para ibu hamil dan juga pasangannya punya riwayat alergi terdapat makanan jenis ini. Kenapa? Karena makanan tersebut dapat menyebabkan asma atau eksim.
  10. Jauhi Kopi, Rokok, dan Alhohol. Tidak jarang perempuan jatuh cinta kepada minuman bernama kopi. Selain untuk mengusir suntuk juga menahan kantuk. Tapi tahukan anda bahwa zat kafein di dalam kopi dapat meningkatkan detak jantung. Bukan saja jantung ibu hamil,
    Tips Hamil
    tetapi juga jantung sang bayi dalam kandungan.

    Kopi juga kurang baik bai ibu hamil karena dapat mengurangi kemampuan untuk menyerap zat besi, bahkan dapat membawa resiko keguguran. Selain kopi minuman mengandung rokok dan alkohol dilarang keras bagi ibu hamil. Rokok dan minuman beralkohon sangat bebahaya. Ini sudah banyak buktinya. Ibu hamil perokok harus berhenti. Dan calon ibu pemabuk sudah semestinya untuk tobat. Alkohol dan rokok dapat menyebabkan bayi lahir cacat, bahkan kematian.

Itulah beberapa jenis makanan yang dilarang bagi ibu hamil. Sebenarnya tidak semua dilarang, hanya saja proses pengolahannya mesti benar. Saya kira untuk menghindari makanan tersebut tidak berat,
karena toh semuanya demi kebaikan janin, anda, dan orang-orang yang anda cintai.

Untuk mengakhiri tulisan ini, berikut beberapa tips yang harus ibu hamil perhatikan sebelum makan: 

  • Sebelum makan cucilah tangan anda dengan sabun untuk membunuh kuman-kuman yang bisa jadi berbahaya.
  • Setiap anda makan buah atau sayur, biasakan untuk mencucinya terlebih dulu. Ini penting untuk menghindari jika buah atau sayur tersebut mengandung toksoplasmosis dan bakteri salmonella yang berbahaya.
  • Hindari makanan yang mengandung bahan pengawet, zat perasa, dan zat pewarna yang bahaya. Memilih makanan alami adalah pilihan yang tepat
Baca juga Tips lainnya,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Efek Blog